Cara Mengeliminasi Potensi Bahaya Bekerja di Atas Ketinggian


Bekerja di atas Ketinggian - Hirarki pengendalian bahaya menempatkan eliminasi di urutan pertama, ini memberikan pengertian bahwa eliminasi masih merupakan pengendalian bahaya yang paling efektif. 



Semua potensi bahaya yang dapat menyebabkan pekerja jatuh dari ketinggian harus dilakukan pengendalian. Salah satunya adalah dengan melakukan eliminasi kontrol.



Pengendalian bahaya pada pekerjaan  di atas ketinggian sebaiknya direncanakan sejak tahap awal perencanaan konstruksi, ini bertujuan untuk menentukan desain bangunan, perencanaan dan koordinasi.
Menghilangkan (eliminasi) potensi jatuh pada pekerjaan di atas ketinggian, dapat dilakukan dengan cara:
  1. Membuat desain yang lebih aman
  2. Menggunakan alat bantu
  3. Metode alternatif 
Membuat desain yang lebih aman

Menghilangkan bahaya jatuh dari ketinggian dengan membuat desain yang lebih aman dilakukan dengan membuat desain yang telah memperhitungkan aspek-aspek keselamatan, seperti menempatkan peralatan yang membutuhkan perawatan secara berkala pada posisi yang rendah sehingga tidak perlu naik untuk melakukan perawatan pada peralatan tersebut, membuat akses jalan (walkway) yang dilengkapi dengan pegangan tangan (handrail), membuat tembok pembatas.

Masih banyak lagi bentuk eliminasi bahaya jatuh dengan membuat desain yang lebih aman, pada dasarnya tujuan dari metode ini untuk mencari alternatif agar pekerjaan tidak harus dilakukan di ketinggian. sebagai contoh, menempatkan blower AC di posisi yang rendah, sehingga pada saat perbaikan tidak perlu harus naik.


Menggunakan Alat Bantu

Penggunaan alat bantu juga menjadi salah satu pengendalian bahaya jatuh secara eliminasi. Dengan menggunakan alat bantu yang sesuai, maka pekerjaan yang seharusnya dilakukan di atas dapat dilakukan dari bawah. Beberapa contoh penggunaan alat bantu : Penggunaan tongkat (galah) untuk mengecat pada dinding yang tinggi, penggunaan ekstensi pada pekerjaan pembersihan jendela.
Penggunaan alat bantu

Penggunaan alat bantu seperti itu dapat menghilangkan kebutuhan untuk melakukan pekerjaan di atas.

Metode alternatif

beberapa contoh metode alternatif untuk menghindari pekerjaan di atas ketinggian diantaranya:
  • Melakukan pengecatan genting sebelum dipasang, hal ini dapat menghilangkan pekerjaan pengecatan di atas ketinggian.
  • Melakukan perbaikan blower AC di lantai
  • Melakukan perakitan bangunan di bawah, setelah itu baru didirikan.
Itulah beberapa bentuk eliminasi bahaya pada pekerjaan di atas ketinggian, yang perlu dipahami bahwa jangan pernah dipaksakan untuk melakukan pengendalian secara eliminasi. Karena tidak semua bahaya dapat dihilangkan, jika hal ini terjadi maka lakukanlah pengendalian dengan menggunakan urutan pengendalian berikutnya yaitu isolasi.