Safety

Sebagai Bagian Keselamatan Kerja, Anda Harus Tahu Yang Mendasari Tindakan Tidak Aman

Published by
Darmawan Saputra

Human Error Dalam Keselamatan Kerja – Sebagai bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan penyebab kecelakaan. Menurut teori Domino yang dikemukakan oleh Heinrich, bahwa kecelakaan terjadi karena adanya Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act) dan Kondisi Tidak Aman (Unsafe Condition)..

Teori ini menjadi cikal bakal munculnya teori terjadinya kecelakaan, dan sekitar tahun 70-an, Frank E Bird, Jr mengembangkan konsep baru tentang teori terjadinya kecelakaan. Konsep ini tidak jauh berbeda dengan yang dikeluarkan oleh Heinrich, hanya saja faktor Tindakan Tidak Aman dan Kondisi Tidak Aman dimasukkan ke dalam penyebab langsung.. karena Bird menganggap bahwa Penyebab dasar (Basic Cause) merupakan Faktor yang berasal dari manajemen..

Pada artikel kali ini, DarmawanSaputra.Com akan membahas mengenai Tindakan Tidak Aman. Faktor kecelakaan yang satu ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kecelakaan yang terjadi.. Menurut Heinrich, bahwa  Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act) menyumbang sebesar 80% dari Kecelakaan yang terjadi.

Jika Anda bagian Keselamatan Kerja, Anda pun bisa membuktikan dengan Statistik Kecelakaan di tempat kerja Anda… walaupun hasilnya tidak harus sesuai 80%, namun Tindakan Tidak Aman menjadi kontributor terbesar…

Kesalahan Manusia (Human Error) Merupakan Bentuk Kegagalan Manusia (Human Failure)

Banyak praktisi dan ahli mencoba mendefinisikan mengenai Kesalahan Manusia (human error), namun belum ditemukan pengertian yang cocok untuk menggambarkan human error..

Pada akhirnya, semua ahli sepakat untuk membahas bersama-sama bagaimana Human Error itu bisa didefinisikan.. dan di dapat hasil bahwa..

Kesalahan manusia merupakan kegagalan manusia dalam melakukan suatu tugas sehingga tujuannya tidak dapat dicapai, kegagalan mencapai tujuan ini bukan disebabkan oleh faktor diluar kendali manusia tersebut.

Kegagalan Manusia (Human Failure) Juga Sering Disebut Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act)

Di dalam HFACS (The Human Factors Analysis and Classification System) menguraikan bahwa kegagalan manusia (human failure) atau juga disebut sebagai tindakan tidak aman (unsafe acts) pada dasarnya terdiri dari dua katagori, yaitu kesalahan manusia (human error) dan pelanggaran (violation).

Kesalahan manusia (human error) adalah representasi dari suatu kegiatan mental dan fisik seseorang yang tidak berhasil melakukan sesuatu yang di inginkan. Sedangkan pelanggaran (violation) menunjukkan adanya keinginan untuk mengabaikan petunjuk atau aturan yang telah ditetapkan untuk melakukan suatu tugas tertentu.

Gambar . Klasifikasi Human Errors, James Reason 1990

Konsep yang dikemukakan oleh James Reason di atas, bahwa di dalam Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act) bisa disebabkan karena Human error ataupun pelanggaran (violation).

Bagaimana Human Error Bisa Terjadi…

Human error sendiri diartikan sebagai ketidak sengajaan pada tindakan atau keputusan yang dipengaruhi oleh keterampilan (skill based errors) dan juga kesalahan (mistake).

Kesalahan yang disebabkan oleh keterampilan, dapat membuat seseorang melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan rencana awal atau sering disebut dengan “Slips of Action” dan juga Lupa melakukan sesuatu yang harus dilakukan dalam suatu tugas/aktivitas yang sering disebut dengan “Lapses of Memory“.

Sedangkan kesalahan dalam memutuskan (Mistake), dibagi menjadi 2 yaitu kesalahan yang didasari karena aturan (rule based mistake) dan kesalahan yang didasari karena pengetahuan (knowledge based mistake).

Rule based mistake merupakan kesalahan manusia karena tidak melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan atau melakukan suatu aktivitas yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Knowledge based mistake merupakan kesalahan manusia yang disebabkan karena tidak dmilikinya pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu aktivitas atau tugas.

Yang Cukup Menghawatirkan Adalah Pelanggaran (Violation)

Pelanggaran (violation) merupakan Kegagalan yang disengaja, pelaku sengaja melakukan hal yang salah atau tidak diperbolehkan.

Di dalam beberapa kasus kejadian kecelakaan, pelanggaran memegang peranan yang besar terhadap terhadap terjadinya kecelakaan.

Alasan yang sering muncul adalah “Saya tidak punya alasan lain untuk tidak melakukan hal tersebut” atau “Saya tidak perduli dengan konsekuensi yang akan saya terima”.

Pelanggaran ini bisa berupa pelanggaran yang sudah dianggap menjadi kebiasaan (Routine), penggaran karena kondisi tertentu (situational seperti cuaca, peralatan kerja yang tidak sesuai, dan lain-lain), serta mengambil keputusan yang tidak sesuai aturan karena adanya kondisi darurat (exceptinal).

Demikian pembahasan mengenai Kegagalan Manusia (human failure) yang sering disebut dengan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act) dalam konsep terjadinya kecelakaan. Bisa disimpulkan bahwa seseorang melakukan suatu kegagalan sehingga mengakibatkan kecelakaan bisa didasari karena adanya ketidak sengajaan (human error) yang disebabkan karena keterampilan, peraturan, maupun pengetahuan dan juga kegagalan karena disengaja atau sering disebut dengan pelanggaran (violation).

Referensi:
http://www.hse.gov.uk/

Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago