Materi Safety Talk – Bekerja di Atas Ketinggian

Published by
Darmawan Saputra

Prosedur Bekerja di Atas KetinggianBekerja di atas ketinggian (working at Height) adalah pekerjaan yang dilakukan pada ketinggian di ketinggian 1,8 meter atau lebih, Pekerjaan di atas ketinggian memiliki risiko yang sangat tinggi. Risiko yang dapat terjadi apabila terjadi kegagalan sistem kontrol dalam pekerjaan ini dapat berakibat fatal pada pekerja. Begitu banyak contoh kasus kecelakaan yang diakibatkan jatuh dari ketinggian yang mengakibatkan kematian pada pekerja, terutama pada industri manufaktur.

Dilansir dari beberapa sumber didapat bahwa waktu yang diperlukan pekerja untuk jatuh dari ketinggian 5 meter adalah 1 detik, dan waktu yang dibutuhkan pekerja sampai lantai dari ketinggian 78 meter adalah 4 detik. Dengan kecepatan jatuh seperti itu bisa dipastikan tidak ada pekerja yang mampu bertindak lain atau meraih sesuatu untuk menahan agar tidak terjadi benturan dengan lantai.
Oleh karena ini perlu dilakukan pengendalian untuk mengurangi nilai risiko sehingga pekerjaan di atas ketinggian dapat dilakukan dengan aman. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam melakukan pekerjaan di atas ketinggian:
Melakukan Perencanaan
Beberapa kegiatan yang perlu dilakukan dalam melakukan perencanaan Bekerja di atas ketinggia adalah:
  • Identifikasi Bahaya : Lakukan identifikasi terhadap kemungkinan bahaya atau risiko yang dapat muncul dalam pekerjaan yang akan dilakukan. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi fisik area kerja, kelayakan peralatan keselamatan, prosedur pendukung, dan cari tahu tentang insiden yang pernbah terjadi.
  • Pengendalian : Lakukan pengendalian terhadap risiko yang ada dengan beberapa metode diantaranya Eliminasi Risiko, Isolasi, dan Meminimalkan keparahan.
Setelah perencanaan dilakukan, maka perlu dilakukan monitoring untuk memantau keefektifan pengendalian yang dilakukan. Semua dokumen perencanaan yang dilakukan harus tetap didokumentasikan.
Ijin Bekerja di Atas Ketinggian
Prosedur Ijin Bekerja di Atas Ketinggian diperlukan untuk pekerjaan di atas ketinggian yang dilakukan pada ketinggian 4 meter atau lebih.  Ijin kerja ini dibuat oleh pengawas terkait yang melakukan pekerjaan, dan ditandatangani sampai ke Bagian Keselamatan kerja (Note: disesuaikan dengan prosedur masing-masing).
Dalam mengajukan Ijin Bekerja di atas ketinggian juga perlu dilampirkan dokumen perencanaan yang dibuat sebelumnya, serta sebaiknya pekerja perlu dipastikan kesehatannya terlebih dahulu oleh paramedic atau dokter perusahaan yang ditunjuk.
Demikian Materi safety talk atau tool box meeting yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita semua diberi keselamatan dan pekerjaan kita selalu dinilai ibadah.
Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

7 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

8 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago